Home » , , , » Tahu Gejrot Khas Cirebon; Asal-usul dan Manfaatnya

Tahu Gejrot Khas Cirebon; Asal-usul dan Manfaatnya

Written By Novita Anggraeni on Thursday, November 12, 2015 | 10:07 PM

Tahu Gejrot. Jika Anda pernah berkunjung ke Cirebon dan sekitarnya pasti pernah mendengar nama jajanan khas Cirebon satu ini. Ya, nama jajanan satu ini memang terdengar unik. Gejrot! Tapi tahukah anda cerita dibalik yang melatar belakangi nama tahu gejrot itu sendiri? Jajanan satu ini dinamakan tahu gejrot karena bumbu cair yang digunakan untuk kuah tahu adalah bumbu campuran antara kecap, asam jawa, gula jawa, cabe rawit, bawang merah tumbuk, dll, dimasukkan ke dalam botol yang jika dituangkan kedalam wadah piring tembikar akan mengeluarkan bunyi gejrot.. gejrot..

Hal unik lainnya dari tahu gejrot ini sendiri adalah dalam hal penyajiannya, yakni di dalam piring dari tembikar dan menggunakan biting (semacam tusuk gigi atau potongan lidi) sebagai alat makannya. Rasanya pun segar dan nikmat karena bumbu kuah untuk mengguyur tahu yang dipotong kecil-kecilnya terdiri dari berbagai campuran rempah. Jenis tahu yang digunakan pun tidak sama dengan tahu kebanyakan. Tahu gejrot memakai tahu seperti tahu Sumedang tapi yang ini sedikit berbeda, yaitu isinya jauh lebih sedikit sehingga terlihat kosong dan kulit tahunya lebih terasa kenyal dan liat.      

Para pedagang tahu gejrot ini biasanya menggunakan pikulan bagi penjual laki-laki untuk membawa barang dagangannya. Atau menggunakan tampah yang diusung di atas kepala bagi penjual wanita. Para pedagang tahu gejrot sangat mudah ditemui di sekitar kota Cirebon karena termasuk makanan ringan yang cukup populer. Di kota besar seperti Jakarta pun tahu gejrot tidak sulit untuk ditemukan, apalagi di tempat-tempat ramai seperti di lokasi wisata, pasar tradisional, dll. Jadi, jika Anda penasaran untuk mencicipi atau kangen dengan jajanan khas Cirebon satu ini, Anda tidak akan kesulitan untuk mencarinya. 


Kandungan Nutrisi dan Manfaat Tahu Gejrot
Disamping nikmat dikonsumsi, tahu gejrot pun ternyata mempunyai kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Dan di bawah ini Portal Cirebon paparkan berbagai nutrisi dan khasiat dari tahu gejrot khas Cirebon yang dikutip dari situs Sari Husada

Kandungan protein dalam tahu sekitar 7,8 gram/100 gram dan kalsium 124 mg/100 gram, lalu dalam 100 gram buah jeruk nipis mengandung vitamin C 27 mg, vitamin B1 0,04 mg, kalsium 40 mg, kalori 37 gr, protein 0,8 gr, zat besi 0,6 gr, hidrat arang 12,4 gr, air 86gr, lemak 0,1gr. 

Kandungan Gizi Kecap manis Kedelai per 100 gram  antara lain Kalori (kal) 46.00, Protein (g) 5.70, Lemak (g) 1.30, Karbohidrat (g) 9.00, Kalsium (mg) 123.00, Fosfor (mg) 96.00, 7. Zat besi (mg) 5.70 , Air (g) 63.00 dan ditambah dengan kandungan nurisi bumbu lainnya yang cukup tinggi. 

Adapun manfaat dari tahu gejrot itu sendiri, seperti dilansir oleh Sari Husada adalah sebagai berikut:

1. Mencegah penyakit jantung
Sejumlah studi dalam beberapa tahun terakhir telah menunjukkan bahwa asupan rutin protein kedelai yang terkandung dalam tahu dapat membantu menurunkan LDL (kolesterol buruk) tanpa menurunkan HDL (kolesterol baik), yang menyebabkan penurunan risiko penyakit jantung.

2. Meningkatkan produksi energi
Tahu merupakan sumber makanan yang kaya zat besi, yang menyediakan 30 persen dari nilai harian yang direkomendasikan untuk zat besi dalam 100 gram. Zat besi dalam tahu terutama digunakan sebagai bagian dari hemoglobin yang membantu dalam ransportasi dan pelepasan oksigen ke seluruh tubuh mempromosikan produksi energi.
Tahu juga menyediakan 10 persen dari nilai harian yang direkomendasikan untuk tembaga, mineral penting yang dimanfaatkan dalam sel darah merah. Tembaga juga membantu dalam mengurangi gejala rheumatoid arthritis. Makanan yang berasal dari kedelai, seperti tahu mengandung isoflavon (fitoestrogen atau estrogen tanaman) yang bekerja pada tubuh seperti bentuk estrogen.

3. Bermanfaat untuk wanita, khususnya wanita menopause
Selama menopause, estrogen wanita berfluktuasi, baik naik atau turun di bawah tingkat normal. Nah, fitoestrogen dari kedelai dapat membantu menjaga keseimbangan hormon tersebut. Hal ini dapat membantu mengurangi frekuensi dan beratnya gejala hot flashes (rasa panas pada perut) pada wanita menopause.

4. Mencegah osteoporosis
Tahu juga bisa menjadi sumber yang kaya kalsium tergantung pada koagulan yang digunakan dalam pembuatan (seperti kalsium sulfat yang digunakan oleh produsen tahu).
Hal ini membantu melindungi terhadap penyakit seperti kehilangan tulang, kelemahan tulang, rheumatoid arthritis dan osteoporosis. Penelitian baru juga menunjukkan bahwa isoflavon dalam makanan kedelai dapat memperkuat densitas (kepadatan tulang). Ini bisa membuat tahu berguna dalam menangkal penyakit tulang pada wanita postmenopause.

5. Membantu menurunkan berat badan
Tinggi protein membuat  perut tidak cepat merasa lapar. Juga, sifat rendah kalori (sekitar 80 kalori dalam 100 gram) tidak menambahkan kalori ekstra untuk menu diet Anda.

6. Membantu pasien diabetes dengan masalah ginjal
Diabetes dapat menyebabkan sejumlah komplikasi, salah satunya gagal ginjal. Diabetes adalah penyebab utama kegagalan ginjal dengan tanda awal adanya sejumlah protein dalam urin. Sebuah penelitian dilakukan pada pria dengan diabetes tipe 2, yang semuanya didiagnosis dengan penyakit ginjal yang terkait dengan diabetes, menemukan bahwa protein kedelai dapat menurunkan 10 persen protein yang ditemukan dalam air seni.
Share this article :

3 comments:

SEWA MOTOR CIREBON said...

Buat para traveller yg mau jalan2 ke cirebon,
Kami menyediakan sewa motor untuk keperluan jalan2 anda,

Segera hub:
Sewa Motor Cirebon
Hp : 085724198194
Pin bb : 54A0E475

Harga terjangkau
Motor dianter jemput,

Yuuk ke cirebon,,,,!!!


Anonymous said...

Oleh oleh Cirebon...
Ready to be delivered to homes, hotels, train stasions, etc.

Please contact NOK CIREBON
TLP / WA 081219717283

@ Rp. 10.000

1. GAPIT ( Udang, Keju, Wijen manis, Kacang, Bawang )
2. OPAK (Gurih)
3. GAPIT MANIS (Manis)
4. MAKARONI ( Manis Pedas, Asin )
5. MAKARONI MINI ( Pedas, Asin )
6. AKAR KELAPA ( Gurih )
7. SEBLAK (Pedas)
8. RENGGINANG MINI (Terasi, Udang, Jagung bakar, Cumi, Keju)

thanida said...

This topic is so good,thank for your sharing.
ยูฟ่าเบท

 
Support : Budaya Nusantara | Kotak Bumbu | Kunci Finansial
Copyright © 2013. Portal Cirebon - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger