Empal Gentong

Written By Novita Anggraeni on Wednesday, January 14, 2009 | 8:52 PM




Empal gentong adalah salah satu makanan khas asal Cirebon. Makanan ini sebenarnya mirip dengan soto. Cara makannya pun tak jauh beda dengan soto yaitu dimakan dengan lontong atau nasi. Yang membedakan makanan ini adalah dari cara masaknya yang khas yaitu menggunakan gentong sebagai media memasaknya. Dan lagi, makanan ini dimasak hanya dengan menggunakan kayu bakar sebagai bahan bakarnya.

Selain media memasaknya yang khas, empal gentong pun memiliki sambal yng punya citarasa yang tak kalah khasnya. Sambal yang super pedas dan berbahan dasar sari pati cabe rawit yang sudah dikeringkan ini membuat rasa maupun aromanya benar-benar khas dan menggugah selera.

Jadi, bagi anda yang punya masalah dengan lambung, sebaiknya tak usah memakai sambal ini jika ingin menikmati empal gentong ini. Dan satu lagi, meskipun bahan dasar makanan ini sekarang banyak yang memakai daging sapi, tapi karena santan yang terdapat pada kuah empal gentong begitu kental, maka bagi anda yang berpantang makan santan berlebih sebaiknya tidak mencoba untuk mencicipi makanan yang satu ini.

Pedagang empal gentong yang ngetop di Cirebon adalah Mang Darma yang mangkal di Jl. Slamet Riyadi. Empal gentong Mang Darma juga bisa di temukan di beberapa tempat di Cirebon seperti di Pujagalana, Stasiun Kereta Cirebon atau di Grage Mal yang semuanya dikelola anak-anaknya. Di Jakarta, Empal gentong Mang Darma bisa ditemukan di daerah Bintaro.

Selamat menikmati dan selamat jalan-jalan.....
Share this article :

0 comments:

 
Support : Budaya Nusantara | Kotak Bumbu | Kunci Finansial
Copyright © 2013. Portal Cirebon - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger