Home » » Tempat Keramat di Cidenok

Tempat Keramat di Cidenok

Written By Novita Anggraeni on Monday, February 2, 2009 | 11:46 PM

Kemarin siang disela-sela kesibukan yang mulai menyita waktu, Portal Cirebon menyempatkan diri untuk jalan-jalan ke desa Cidenok untuk melihat secara langsung apa yang selama ini Portal Cirebon dengar dari orang-orang mengenai tempat keramat yang konon masih sangat bertuah yaitu Buyut Sumur Gempol dan Wadas Dengdeng. Sayang sekali, di dua tempat ini Portal Cirebon tidak diperbolehkan untuk menggambil gambar dua tempat ini oleh kuncen yang menjaganya.

Inilah ulasan singkat dari dua tempat itu :

Buyut Sumur Gempol
Buyut Sumur Gempol adalah sebuah kebuyutan atau tempat petilasan dari Nyi Rara Denok yang konon masih ada hubungan dengan keraton Kesepuhan Cirebon. Tempat yang berlokasi di Desa Cidenok, Kec. Sumberjaya, Kab. Majalengka ini konon adalah nenek moyang atau orang sini menyebutnya dengan "Gegeden" dari masyarakat yang ada di Desa Cidenok ini. Dan karena ada pertalian antara Nyi Rara Denok dengan Keraton Kesepuhan inilah, masyarakat Cidenok sampai saat ini banyak yang mengabdi di keraton Kesepuhan itu. Portal Cirebon sendiri nggak tahu persis dalam hal ini Nyi Rara Denok sejauh mana dan posisinya sebagai apa di keraton tersebut, tapi yang pasti di dalam keraton Kesepuhan ada sebuah gedung yang bernama Rara Denok.

Kebuyutan yang didalamnya terdapat sumur dan pohon gempol ini tiap tahun punya acara rutin berupa pertunjukan Topeng dan wayang Purwa, tepatnya ketika ada acara munjungan dan bongkar bumi.


Wadas Dengdeng
Wadas Dengdeng adalah sebutan untuk sebuah tempat di Desa Cidenok, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Majalengka. Tempat ini dinamakan Wadas Dengdeng karena bila diinjak dengan kuat akan berbunyi deng... deng... deng.. konon tempat ini pada jaman penjajahan Jepang dijadikan sebagai tempat eksekusi mati bagi pribumi yang membangkang kepada tentara Jepang. Dan karena para pesakitan yang kerap dieksekusi di sini sambil duduk mencangkong (tidak berdiri sebagaimana umumnya eksekusi), maka tempat ini pun disebut juga dengan sebutan Ki Jenguk.

Dan karena konon tempat ini begitu angker, maka pada malam-malam tertentu ada saja orang yang menyepi disini demi terkabulnya hajat mereka, dari sekedar minta nomor buntut togel hingga mencari benda pusaka dan pesugihan. Entah mereka-mereka yang pernah datang kesini benar-benar terkabul hajatnya atau tidak, Portal Cirebon belum pernah mewawancarainya secara langsung, tapi yang jelas tetap saja tempat ini tak pernah sepi dari orang-orang seperti itu.


NB : Khusus untuk tiap hari Selasa, Portal Cirebon akan memposting mengenai tempat-tempat keramat dan yang dikeramatkan di wilayah 3 Cirebon.
Share this article :

7 comments:

Dwi Agustina said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Dwi Agustina said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Hj Irma said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Ahmad Affandy said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Reny Nurhalizah said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Eka Lisdawati said...
This comment has been removed by a blog administrator.
bpk muliadi said...
This comment has been removed by a blog administrator.
 
Support : Budaya Nusantara | Kotak Bumbu | Kunci Finansial
Copyright © 2013. Portal Cirebon - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger