Home » » Dayak Bumi Segandu

Dayak Bumi Segandu

Written By Novita Anggraeni on Tuesday, March 24, 2009 | 8:56 AM

Komunitas Dayak Bumi Segandu yang biasa di sebut orang sebagai Dayak Losarang ini mempunyai penampilan yang unik kalau tidak di katakana aneh. Ditengah-tengah masyarakat modern, komunitas yang sebagian besar berprofesi sebagai petani ini lebih memilih untuk berpenampilan yang mengesankan diri sebagai kaum terbelakang yaitu dalam kesehariannya hanya memakai celana hitam putih di bawah dengkul, bertlanjang dada, rambut gondrong, dan memakai aksesoris gelang dan kalung berupa potongan-potongan bambu yang dirangkai dengan seutas tali.

Penampilan mereka yang nyeleneh ini bukan tanpa makna. Konon tidak sembarang orang yang bisa untuk menanggalkan baju dan hanya memakai celana saja itu mengingat sebelum akhirnya tak memakai baju di keseharian itu mereka terlebih dahulu harus menjalankan ritual khusus yaitu Selama 4 bulan tidur berendam di sungai, dan siang harinya berjemur di tengah terik panas matahari. Ritual tersebut dilakukan sejak pukul 12 malam hingga 6 pagi, tidur berendam di salah satu sungai di Losarang. Tidak hanya itu, . Ritual berendam di sungai dan berjemur di panas matahari, dilakukan selama 4 bulan dalam 1 tahun. Dengan melakukan ritual ini secara rutin, maka akan menanggalkan hawa panas dan dingin yang dirasakan tubuh.

Makanya karena syarat yang berat itu, tidak semua orang bisa menanggalkan baju dan bertelanjang dada. Yang belum mampu bertelanjang dada biasanya mereka memakai pakaian hitam-hitam.

Sedangkan makna dari kalung dan gelang yang mereka pakai adalah Gelang dan kalung itu kan terbuat dari potongan-potongan bambu yang disatukan dengan seutas tali. Ini melambangkan perjuangan dan persatuan, bahwa yang terpisah-pisah itu kalau diikatkan akan bisa berfungsi. Jadi gelang dan kalung bambu itu melambangkan semacam harmonisasi alam.

Bagi anda yang tertarik dengan kebudayaan mereka, masyarakat Dayak Losarang bisa di temui di Desa Krimun, Kecamatan Losarang, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.
Share this article :

0 comments:

 
Support : Budaya Nusantara | Kotak Bumbu | Kunci Finansial
Copyright © 2013. Portal Cirebon - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger