Home » , , , , » Museum Linggarjati

Museum Linggarjati

Written By Novita Anggraeni on Sunday, September 27, 2009 | 6:59 PM

Museum Linggarjati adalah sebuah museum yang terletak di Desa Linggarjati, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan. Museum ini begitu bersejarah karena pada tahun 1946 di gedung yang sekarang berfungsi sebagai museum ini berlangsung satu perundingan yang sangat bersejarah antara pemerintah Indonesia dengan kolonial Belanda yang kemudian menghasilkan sebuah kesepakatan yang dikenal dengan Naskah Linggarjati.

Ketika kita memasuki areal museum yang berdiri di atas tanah seluas 2,4 ha dan luas bangunan sekitar 800 m² ini kita akan bersitatap langsung dengan sebuah sebuah tugu yang berisi butir-butir perjanjian dari perundingan Linggarjati di halaman gedung.

Masuk lebih dalam lagi, di dalam gedung yang tanpa dikenakan HTM (Harga Tiket Masuk) dan hanya diharuskan mengisi buku tamu ini pengunjung bisa melihat berbagai peninggalan masa lalu ketika perundingan ini dilaksanakan seperti ruang sidang, ruang sekretaris, kamar tidur Lord Killearn (Inggris), ruang pertemuan Presiden Soekarno dan Lord Killearn, kamar tidur delegasi Belanda, kamar tidur delegasi Indonesia, ruang makan, kamar mandi/WC, ruang setrika, gudang, bangunan paviliun, dan bangunan garasi. Dan yang harus anda tahu, bahwa hampir semua property yang terdapat disini rata-rata masih asli dan ditata sedemikian rupa seperti kala perundingan ini berlangsung hingga pengunjung akan merasa seperti dibawa ke masa lalu dimana peristiwa bersejarah ini berlangsung.

Disamping gedung perundingan Linggarjati, di areal museum yang begitu asri dengan banyak pepohonan dan udara khas pegunungan ini tak jarang ada pula pengunjung yang datang memang khusus untuk kemping. Dan memang pengelola museum pun tak melarang pengunjung yang ingin kemping asalkan dengan satu sarat tetap menjaga kebersihan dan keasrian lingkungan.

Jadi, tunggu apa lagi? Disamping akan merasakan bersihnya udara pegunungan dan bau pohon yang segar, dari tempat ini anda pun akan semakin menghargai jerih payah pahlawan kita dalam menjaga dan mengupayakan keutuhan Indonesia kita tercinta.
Share this article :

0 comments:

 
Support : Budaya Nusantara | Kotak Bumbu | Kunci Finansial
Copyright © 2013. Portal Cirebon - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger