Home » » Untung Rugi Menggunakan XL

Untung Rugi Menggunakan XL

Written By Novita Anggraeni on Sunday, October 18, 2009 | 12:45 PM

Ketika tanggal 15 kemarin saya berkunjung ke cah andong saya sempat membaca salah satu artikel yang mengumumkan bahwa dalam menyambut pesta blogger cah andong bersama XL menggelar lomba yakni lomba mereview produk XL khususnya untuk layanan internet mereka dengan hadiah sebuah modem.

Oke, meski saya sendiri sebenarnya ketika awal-awal memakai XL lebih karena terpaksa. Terpaksa lantaran begitu BTS dari provider seluler yang sempat identik dengan hewan monyet ini berdiri di kampung saya, tiba-tiba sinyal dari si kuning yang selama ini saya pakai jadi ilang timbul dan ngos-ngosan. you know lah apa singkatan dari ilang timbul itu tetap akan saya coba mereviewnya. (meski juga belakangan saya tahu kalau lomba itu hanya untuk para blogger Jogja saja)

Jadi, dengan gondok dan terpaksa saya pun pindah agama ke XL ini meski waktu itu XL mematok harga diatas rata-rata untuk layanan gprs-nya. Hitung-hitungan saya sih waktu itu mahal sedikit tak apa selama saya tetap lancar jaya berinternet dimana pun saya bernafas, toh usaha saya sendiri bergerak dibidang penjualan pulsa yang salah satu produk yang saya jual adalah XL sendiri melalui Dompet Pulsa.

Setahun saya melewati masa-masa manis menjual produk XL. Harga pulsa yang lebih murah, Stok yang hampir tak pernah kosong, peminat yang kian banyak, dan lain sebagainya membuat saya kian erat mendekap Luna Maya eh XL. Pendek kata, meski harus saya akui pada masa itu Dompul sering gangguan tapi secara keseluruhan semua layanan XL cukup bisa diandalkan.

Apalagi ketika kemudian XL meluncurkan tarif semaumu dan kemudian sepuasnya yang berefek pada kian murahnya berkomunikasi (telpon dan sms) maupun berinternet menggunakan XL membuat saya kian girang saja karena dengan tarif yang jor-joran itu sebagai konsumen saya merasa diuntungkan, pun sebagai penjual kini omset saya kian lumayan lantaran eksodus besar-besaran yang dilakukan konsumen provider lain ke XL.

Setahun berlalu, XL melalui dompul-nya mulai bertingkah dengan memberlakukan sistem cluster untuk order dan transaksi dompul. Sebagai pemain server yang memang biasa nyari dealer paling murah, saya biasa nyari chip hingga ke Tegal dan Jati Barang. Tapi begitu sistem cluster yang sampai sekarang pun saya tak tahu manfaatnya apa itu berlaku saya terpaksa harus order ke dealer itu-itu saja meski dengan harga yang jauh di atas dealer langganan ketika sistem cluster belum diberlakukan.

Tapi lantaran pembeli langganan saya rata-rata hampir semuanya telah menggunakan XL (seperti yang saya sebut diatas, karena murah dan sinyalnya paling bagus di kampung saya), maka saya pun tetap bertahan menjual produk ini meski dengan keuntungan yang jauh menyusut akibat sistem cluster ini.

Dan bertahannya saya untuk tetap menjual produk XL pun akhirnya menuai hasilnya sekarang setelah adanya program Top XL dimana untuk setiap retailers yang mampu menjual pulsa XL di atas target yang mereka tetapkan tiap periodenya akan mendapat bonus hadiah berupa sepeda motor, handphone, dan uang tunai.

Untuk lebih jelasnya di bawah ini akan saya coba paparkan keuntungan dan kerugian menjual (khusus untuk retailers) dan memakai produk XL (untuk konsumen) dari yang selama ini saya rasakan baik sebagai retailers maupun sebagai konsumen.

Keuntungan Menjual Produk XL Bagi Retailers

  1. Ada bonus Top XL untuk para penjual pulsa XL tiap periodenya dengan bonus hadiah yang cukup menggiurkan seperti sepeda motor, handphone, uang tunai, dan sebagainya.

  2. Harga produk yang relatif murah hingga ketika ditawarkan ke konsumen tidak begitu banyak menemui kesulitan.

  3. Dengan banyaknya promosi baik melalui iklan televisi maupun brosur-brosur, membuat para penjual tidak harus capek menjelaskan ini itu ketika menawarkan produk XL ke konsumen.


Kerugian Menjual Produk XL Bagi Retailers

  1. Dengan adanya sistem cluster dengan wilayah yang lebih sempit, para retailers tak lagi Bisa order maupun transaksi produk XL (terutama untuk dompul) di luar wilayahnya.

  2. SP XL tak lagi bisa di aktifkan/registrasi di kabupaten berbeda seperti misalnya SP untuk kode Cirebon tak lagi bisa diaktifkan/registrasi di Kabupaten Majalengka dan sebaliknya.


Keuntungan Menggunakan Produk XL Bagi Konsumen

  • Harga pulsa yang lumayan murah.

  • Dengan adanya berbagai pilihan tarif yang berlaku di XL membuat konsumen bisa leluasa memilih tarif mana yang menurutnya lebih murah. Ada banyak pilihan tarif yang antara lain tarif semaumu, sampai puas hingga tarif CDMA.

  • Internetan jauh lebih murah dengan kecepatan yang cukup dengan adanya paket internet.

  • Kualitas suara XL lumayan jernih ketika digunakan untuk berkomunikasi.

  • Banyaknya bonus sms makin memanjakan para konsumen yang memang hobi sms-an.

  • Ketika menggunakan call center 817 meski tidak gratis tapi bisa cepat tersambung.


Kekurangan Menggunakan Produk XL Bagi Konsumen

  • Ketika aktifasi untuk layanan paket internet sering gagal.

  • BTS XL yang belum merata membuat sinyal XL tidak terlalu bagus untuk daerah-daerah terpencil.

  • Mungkin karena kebanyakan program atau apa kadang tarif XL suka ngaco.

  • Akses call center XL dikenai biaya sebesar Rp. 400 per telepon.

  • Masa aktif kartu tidak akumulasi hingga berapa pun seringnya anda isi ulang tidak membuat kartu anda panjang umur.

  • Layanan blackberry meskipun murah tapi sering erorr tanpa sebab.


Itu saja yang bisa saya sebutkan. Dan semua yang tertulis di atas bersifat subjektif dan semata-mata hanya berdasarkan pengalaman pribadi saya selama menggunakan produk XL dan tanpa tendensi apa pun juga selain untuk mendapat hadiah modem gratis.
Share this article :

0 comments:

 
Support : Budaya Nusantara | Kotak Bumbu | Kunci Finansial
Copyright © 2013. Portal Cirebon - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger