Home » » Budidaya Kerang Hijau

Budidaya Kerang Hijau

Written By Novita Anggraeni on Saturday, May 8, 2010 | 8:13 AM

Disamping terkenal dengan hasil udangnya, Cirebon pun sebenarnya memiliki potensi kelautan lain yang jika dikembangkan memiliki prospek yang lumayan menguntungkan. Karena pantai Cirebon yang berupa teluk yang hampir berupa busur dengan ombak yang agak tenang memungkinkan kerang hijau hidup bergerombol, dan ini jelas memudahkan para pembudidaya kerang hijau.

Cara membudi dayakannya pun relatif cukup mudah yakni nalayan hanya perlu menancapkan batang bambu yang disusun sedemikian rupa (bagan) sebagai media untuk menempel kerang. Disamping itu, budidaya kerang hijau pun sangat menguntungkan para nelayan karena tidak perlu mengeluarkan biaya pakan dan pasarannya sangat bagus karena disukai konsumen.

Harga kerang hijau di pasaran saat ini tiap per kilo kerang hijau dipatok dengan harga 2.500 dengan pasaran utama kota Jakarta. Enaknya lagi, harga kerang hijau di pasaran cukup stabil yang memungkinkan nelayan yang membudidayakannya tak perlu terlalu khawatir kalau-kalau saat panen raya harga kerang hijau di pasaran bisa turun.

Mungkin satu-satunya kendala budidaya kerang hijau ini adalah tergantung dari kondisi air lautnya yakni apakah sudah tercemar oleh logam berat atau belum. Dan karena kerang hijau konon bisa menyerap unsur kimia seperti Pb dan timbale yang akan sangat berbahaya jika kemudian dikonsumsi manusia, maka ada baiknya pemerintah Cirebon segera meneliti apakah perairan laut di Cirebon sudah tercemar oleh logam berat atau belum. Tapi jika dilihat dari pertumbuhan kerang hijau yang lumayan pesat dan cukup besar yaitu sekitar 100 ton kerang hijau dihasilkan nelayan Cirebon setiap kali panen maka sepertinya perairan laut di Cirebon memang masih cukup baik untuk budidaya kerang hijau ini.

Anda tertarik?
Share this article :

0 comments:

 
Support : Budaya Nusantara | Kotak Bumbu | Kunci Finansial
Copyright © 2013. Portal Cirebon - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger