Home » , , , » Batik Paoman Indramayu

Batik Paoman Indramayu

Written By Novita Anggraeni on Thursday, June 17, 2010 | 8:36 AM

Batik Paoman merupakan batik tradisional yang terdapat di Indramayu. Batik ini menjadi sangat khas karena disamping proses pembuatannya yang menggunakan teknik lukis, juga motif-motif yang dihasilkannya pun sangat tegas baik dalam teknik pewarnaan maupun ilustrasi motifnya dan sama sekali berbeda dengan motif batik yang ada di Indonesia, bahkan dengan batik trusmi yang nota bene merupakan kota tetangga sekaligus sentra batik di Cirebon sekalipun.



Nama Paoman sendiri merujuk pada sebuah tempat di Indramayu yang memang sebagian besar masyarakatnya sangat mahir membatik. Ironisnya, keterampilan membatik ini tidak serta merta membuat batik Paoman dikenal luas, seperti halnya batik Trusmi Cirebon. Mungkin karena kurangnya promosi dan keterampilan membatik ini memang hanya dilakukan di waktu-waktu senggang ketika musim penghujan dimana masyarakat paoman yang sebagian besar berprofesi sebagi nelayan ini sedang tidak melaut karena cuaca buruk.

Disamping nama Batik Paoman, batik ini dikenal juga dengan nama Batik Dermayon yang tergolong beraliran pesisir seperti halnya Cirebon dan Pekalongan. Untuk corak, motif batik Indramayu ini diyakini oleh beberapa ahli dipengaruhi oleh akulturasi kebudayaan dari luar dan beragam unsur seperti kepercayaan penduduknya, lingkungan dan juga adat istiadat setempat. Salah satu kultur asing yang sangat terasa dalam motif batik Indramayu adalah unsur kebudayaan China, di mana unsur-unsur tersebut dapat dikenali dari beberapa motif yang tertuang dalam batik Indramayu seperti Lokcan, Banji dan burung Hong. Bagi masyarakat keturunan China, ketiga unsur tersebut merupakan simbolisasi flora dan fauna yang satu sama lain saling berkait dan bermakna tinggi, yakni harmonisasi hubungan antara manusia dengan alamnya.

Di samping China, kultur dan tradisi yang terbaca dalam motif batik Dermayon juga adalah budaya Arab dengan kaligrafi dan sawat riwe-nya. Untuk unsur-unsur lokal dalam corak batik Dermayon dapat ditemui dalam motif liris yang kental dengan pengaruh Hindu yang di dominasi oleh motif garis miring dan silang, yang dikenal dengan sebutan motif parang atau kawung. Untuk lebih jelas mengenai makna yang terdapat dalam corak Batik Dermayon ini silahkan Anda berkunjung ke BatikPaoman.Com

Jika Anda tertarik untuk memakai atau mengkoleksi batik Paoman ini, beberapa tempat yang menjual batik Paoman adalah di Jl. Kopral Yahya, Anjun, Indramayu dan atau ke butik milik Hj. Siti Ruminah yang concern menjual dan mengkoleksi berbagai motif batik Dermayon ini di Jl. Siliwangi No. 315/A, Kelurahan Paoman Indramayu, Tlp. (0234) 271151.

Artikel Terkait:


Gambar di ambil dari: sini.
Share this article :

0 comments:

 
Support : Budaya Nusantara | Kotak Bumbu | Kunci Finansial
Copyright © 2013. Portal Cirebon - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger