Home » , , , » Kura-kura Belawa nan Keramat

Kura-kura Belawa nan Keramat

Written By Novita Anggraeni on Thursday, July 1, 2010 | 6:50 AM


Kura-kura Belawa adalah sebuah spesies kura-kura yang memiliki bentuk fisik yang berbeda dengan kura-kura kebanyakan di tempat lain manapun yakni berpenampang tempurung yang mirip lembaran buku jika di buka menjadi dua bagian. Sigar jambe, begitu orang Cirebon biasa mengistilahkan batok kura-kura ini karena memang kura-kura ini memiliki belah memanjang tepat ditengah-tengah tempurungnya. Mengenai kata Belawa yang mengiringi kura-kura dengan nama latin Amdya Cartilaginea ini sendiri karena memang kura-kura jenis ini konon hanya bisa ditemukan di Desa Belawa, Kecamatan Lemah Abang, Kabupaten Cirebon.

Dan seperti halnya di beberapa daerah di Indonesia ketika ada sebuah benda atau lainnya memiliki bentuk yang agak menyimpang dari mainstream maka tentu selalu ada cerita legenda yang menyertai keberadaannya, pun begitu dengan kura-kura Belawa ini. Konon menurut penuturan dari masyarakat setempat, kura-kura ini adalah jelmaan dari sobekan Al-Qur'an yang dilempar ketengah kolam pada zaman dahulu oleh seorang pemuda yang memiliki wajah dua warna bernama Jaka Saliwah, untuk lebih jelasnya mengenai mitos yang berkembang ini sendiri Portal Cirebon kurang begitu tahu detailnya, hanya saja dengan keberadaan cerita ini membuat kura-kura Belawa dianggap sebagai kura-kura keramat yang tak boleh dibunuh, dibawa keluar dari Desa Belawa dan sebagainya.

Jika kita kaji lebih dalam, secara psikologis, dengan adanya mitos yang berkembang ditengah-tengah masyarakat itu setidaknya memiliki beberapa keuntungan bagi kelangsungan hidup dari kura-kura purba itu sendiri yang diantaranya binatang tersebut bisa terhindar dari kepunahan akibat diburu oleh manusia-manusia yang tak bertanggung jawab. Memang, selain mitos tersebut secara hukum kura-kura ini sudah menjadi binatang yang dilindungi oleh pemerintah daerah melalui Surat Keputusan Bupati No. 522.51 tahun 1993 tentang flora dan fauna khas Cirebon yang harus dilindungi dan juga Perda No. 13 tahun 1997 dengan ditetapkannya Desa Belawa menjadi kawasan suaka margasatwa. Tapi tentu, yang paling berperan penting untuk tetap lestarinya kura-kura Belawa ini adalah adanya mitos itu sendiri yang diantaranya menyiratkan bahwa jika ada yang berani membawa kura-kura ini keluar dari Desa Belawa maka orang tersebut akan mendapat musibah.

Mengenai bentuk, ciri-ciri dan penampilan kura-kura Belawa ini sendiri, adalah sebagai berikut:
  • Warna tempurung hitam pekat dan mengkilap
  • Bentuk tempurung dari kura-kura ini seperti yang Portal Cirebon sampaikan di atas memiliki bentuk tempurung yang belah memanjang di bagian tengah dengan sisi yang sedikit melengkung.
  • Berat kura-kura ini berbobot antara 20 sampai 80 kg
  • Mampu berumur hingga 50 tahun
  • Lebih suka tinggal di air yang memiliki Lumpur pekat
Pada hari-hari tertentu Desa dengan kura-kura unik ini akan banyak dikunjungi oleh peziarah yang mengharapkan berkah maupun yang sekedar berekreasi. Hal ini, wajar terjadi karena memang disamping adanya kura-kura Belawa, di desa ini sendiri memiliki beberapa tempat lainnya yang juga dipercaya oleh penduduk sekitar mempunyai kekeramatan tersendiri yang diantaranya adalah Sumur Pamuruyan yang konon selalu dipakai oleh Jaka Saliwa untuk berwudhu dan berkaca untuk melihat perubahan mukanya, mata air Cikuya, batu cadas yang tak boleh diinjak, batu yang dekat dengan pohon kilayu yang dilatar belakangi dengan cerita Nyi Burintik dan sebagainya.
Share this article :

3 comments:

purnama said...

mari kita lindungi kura" belawa
karena kura" belawa sangat langka di indonesia karena ke ciri khasannya dan keberadaannya hanya ada di desa Belawa kec. lemahabang kab. cirebon. tidak akan ada di tempat lain.
<3 <3 <3 <3 <3
itulah desa Q
:)

Heri Iskandar said...

Hidup Desa Belawa :-)

Tempat belajar sama sama afiliasi pemula bisa berkunjung disini :

http://affiliasi-belawa.blogspot.com/

http://bizz-bee.blogspot.com/

Aricia Bernice said...

Masuk ke komunitas anak anak belawa, webnya anak belawa asli, buatan anak belawa ! Ayo gabung disini http://cikicikibox.com

 
Support : Budaya Nusantara | Kotak Bumbu | Kunci Finansial
Copyright © 2013. Portal Cirebon - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger