Home » , , , , , » Menikmati Terapi Ikan Nilem di Kolam Ikan Dewa Cigugur

Menikmati Terapi Ikan Nilem di Kolam Ikan Dewa Cigugur

Written By Novita Anggraeni on Saturday, September 8, 2012 | 12:12 AM


Jika kebetulan atau sengaja berkunjung ke Kabupaten Kuningan, sempatkanlah mengunjungi objek wisata ini. Ya, nama objek wisatanya adalah Kolam Ikan Dewa Cigugur. Kolam Ikan Dewa Cigugur ini sebagaimana namanya, terletak di desa Cigugur, Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan. Di objek wisata ini Anda akan dimanjakan dengan terapi ikan layaknya di spa-spa modern, yakni jika Anda mencemplungkan kaki (atau kalau kuat dengan sensasi gelinya, tubuh Anda) segerombolan ikan-ikan nilem kecil sontak tanpa dikomando akan langsung mengerubungi kaki Anda dan menggigitnya.

Pada pengalaman pertama, mungkin Anda akan merasa sedikit sakit bercampur ,perih, tapi lama-kelamaan akan timbul sensasi lain yaitu Anda akan merasa geli kemudian keasyikan dibuatnya. Konon terapi ini sangat bermanfaat untuk tubuh Anda. Menurut kepercayaan orang-orang yang telah mencobanya, terapi ini mbermanfaat untuk memuluskan kulit. Karena ikan-ikan nilem ini hanya akan menggigiti kulit, kering dan mati di sela-sela kaki Anda. Jadi alih-alih kaki Anda terluka karena gigitannya, malah kulit kaki akan lebih halus dan bersih.

Kolam Ikan Dewa Cigugur

Mengenai sejarah objek wisata terapi ikan nilem ini sendiri konon ditemukan secara tidak sengaja. Suatu sore, sekumpulan anak muda yang habis bermain volley sambil menghilangkan lelah, iseng merendam kakinya di kola mini. Dan tanpa diduga, tiaba-tiba segerombolan ikan-ikan kecil mengerubungi kakinya dan menggigit-gigit kecil yang membuat, pemuda itu kaget dan sontak memekik. Tapi karena penasaran, bukannya kapok, para pemuda itu kembali mencemplungkan kakinya kembali. Dan setelah dirasa-rasa, kok rasanya enak juga, “Mirip terapi-terapi ikan di spa mahal di Jakarta,” ujar salah satu dari mereka.

Pengunjung sedang menikmati terapi ikan nilem

Dari sinilah kemudian cerita tentang terapi ikan nilem ini menyebar dari mulut ke mulut yang pada akhirnya menarik pengunjung untuk ikut datang untuk merasakan sensasi gigitan ikan nilam. “Pada hari libur, pengunjung Kolam Cigugur bisa mencapai 500 orang. Sebetulnya tidak ada promosi khusus, hanya cerita dari mulut ke mulut,” tutur Apid, salah satu pengelola kolam ikan itu.    

Mengenai keberadaan ikan-ikan nilem ini sendiri konon bukan dari hasil budidaya, tapi memang datang sendiri ke kolam itu yang kemudian berkembang biak hingga menjadi semakin banyak dan bertambah banyak seperti sekarang ini. 


Ikan Dewa

Pada awlanya Kolam Cigugur bernama Kolam Ikan Keramat karena menampung ikan dewa atau ikan kancra bodas (ikan mas putih). Ikan ini dibilang keramat karena populasinya terbatas dan sulit dibudidayakan. Agar tidak punah, ikan pun dikeramatkan.

Menurut legenda ikan dewa tidak boleh dipindah atau dibawa sembarangan karena bisa berakibat buruk bagi yang mengambil. Konon, Kolam Cigugur terbentuk karena Sunan Gunung Jati menancapkan tongkatnya ke tanah di desa itu saat mencari air untuk wudlu. Sumber mata air itu masih ada di kolam terkecil dari tiga kolam yang ada.
Share this article :

1 comments:

Anonymous said...

sok yg mau ikan nilem, bisa hubungi ane di 08987000123.. Rp.60rb/kg siap kirim.. silahkan mampir ke lokasi,,posisi di sumedang jabar

 
Support : Budaya Nusantara | Kotak Bumbu | Kunci Finansial
Copyright © 2013. Portal Cirebon - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger