Home » , » Bencana Tanah Longsor di Kecamatan Bantarujeg, Majalengka

Bencana Tanah Longsor di Kecamatan Bantarujeg, Majalengka

Written By Novita Anggraeni on Sunday, May 16, 2010 | 4:23 PM

Bencana tanah longsor yang melanda 6 desa yang ada di Kecamatan Bantarujeg Kabupaten Majalengka pada sabtu sore kemarin memporak-porandakan sedikitnya 12 rumah. Beruntung, dalam bencana ini tidak terdapat korban tewas dan hanya beberapa korban luka saja. Bencana tanah longsor ini sendiri terjadi kira-kira sekitar pukul 18.30, bermula dari hujan deras yang tak kunjung berhenti sejak pukul 14.00 wib. Tragisnya lagi, longsor bersamaan dengan meluapnya sungai di kawasan tersebut yakni Sungai Cilitung. Akibatnya, disamping longsor, terjangan banjir makin mempersulit medan karena banjir itu kemudian merusakkan jembatan gantung sepanjang 84 meter yang menghubungkan desa-desa di kawasan itu dengan kota kecamatan.

Keenam desa yang menderita tanah longsor tersebut masing-masing Desa Haurgeulis, Gunung Warang, Cikidang, Siliwangi, Salawangi dan Wado Wetan. Jika dilihat dari kontur tanah yang berbukit, keenam desa tersebut memang terletak di kawasan perbukitan yang rawan longsor.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun Portal Cirebon, desa yang paling parah dalam bencana ini adalah di Desa Gunung Warang. Di desa ini sedikitnya 8 rumah rusak parah dan empat diantaranya bahkan tertimbun longsoran hingga rumah tersebut rata dengan tanah. Empat rumah yang rata dengan tanah itu adalah masing-masing milik Kasta, Karna, Arsiyah dan Santiya. Santiya, sang pemilik salah satu rumah tersebut bahkan sempat ikut tertimbun bersama rumahnya karena ketika longsor terjadi beliau sedang menonton televisi di dalam rumahnya. Untung, warga dengan bergotong royong akhirnya berhasil mengeluarkan Santiya dari reruntuhan.

Karena akses jalan yakni jembatan gantung yang menghubungkan keenam desa tersebut dengan kota kecamatan terputus, sampai Minggu sore kemarin warga korban bencana tanah longsor belum dapat bantuan dari pemda setempat dan para korban yang rumahnya rusak pun kini hanya bisa menumpang di rumah tetangga dan kerabatnya.
Share this article :

0 comments:

 
Support : Budaya Nusantara | Kotak Bumbu | Kunci Finansial
Copyright © 2013. Portal Cirebon - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger