Home » , , » Menikmati Empal Gentong Racikan Mang Darma

Menikmati Empal Gentong Racikan Mang Darma

Written By Novita Anggraeni on Monday, May 17, 2010 | 7:41 AM

Pada hari Minggu kemarin saya bersama istri berkesempatan untuk menikmati (kembali) Empal Gentong Mang Darma setelah sekian lama tak berkunjung ke gerai yang berlokasi di stasiun Kereta Cirebon ini. Di lokasi ini sebenarnya ada dua gerai empal gentong yang sangat terkenal yakni Empal Gentong Mang Darma dan Empal Gentong Putra Mang Darma. Tapi saya lebih memilih gerai Empal Gentong Mang Darma. Meski sebenarnya untuk dapat menikmati empal gentong ini mesti rela ngantri karena padatnya pengunjung, terlebih di hari libur begini tapi saya terutama istri tetap melakukannya. Sebenarnya empal gentong milik putra Mang Darma sendiri rasanya hampir tak kalah nikmat dengan gerai milik Mang Darma ini, tapi saya bersama istri tetap bersikukuh untuk tidak berpindah tempat dan rela untuk ngantri. Entah kenapa. mungkin semacam prestise saja, bahwa lebih afdol rasanya kalau menikmati empal gentong ini langsung dari tangan pertama yakni milik sang bapak. Fanatisme yang tak begitu penting dan tak layak dicontoh samasekali memang.

Untuk sekedar informasi, empal gentong Mang Darma ini selain dua yang terdapat di Stasiun Kereta Api Cirebon ini, ada beberapa gerai lainnya jika anda malas untuk ngantri di tempat ini yakni yang ada di di Jl. Slamet Riyadi (Empal Gentong Bu Darma) dan satu gerai lainnya terdapat di dalam areal Grage Mall yang kesemuanya dikelola oleh Mang Darma dan keluarganya.

Dan seperti sebelum-sebelumnya, rasa empal gentong ini memang tak pernah berubah. Tetap nendang di lidah dan senantiasa membuat pengunjung selalu rindu untuk kembali lagi dan lagi. Mungkin cita rasa yang senantiasa ngangenin inilah yang membuat gerai empal gebtong ini begitu padat pengunjung tiap harinya dan begitu terkenal bahkan hingga jauh ke luar kota Cirebon. Padahal seperti halnya empal gentong-empal gentong yang tersebar di setiap sudut kota Cirebon, bahan maupun bumbu empal gentong di tempat ini hampir tak jauh berbeda yakni daging dan jeroan sapi yang dibanjur dengan kuah mirip soto. Pun begitu dengan cara memasaknya yang sama saja dengan empal gentong kebanyakan yaitu di masak dalam gentong dari tanah liat, kemudian disajikan bersama dengan bumbu-bumbu rempah yang khas dan juga taburan bawang goreng, daun seledri dan daun bawang di atasnya.

Untuk menikmati empal gentong di sini pengunjung diberi kebebasan memilih pelengkapnya apakah ingin memakai nasi atau lontong. Pun boleh juga kalau hanya ingin menikmati empal gentongnya saja tanpa nasi atau lontong sama sekali. Karena di rumah sebelum berangkat ke tempat ini saya dan istri menyempatkan makan terlebih dahulu maka kami pun hanya meminta empal gentongnya saja tanpa lontong atau nasi sama sekali. Hanya empal gentong dan beberapa kerupuk lambak (kerupuk yang terbuat dari kulit kerbau) selaku pelengkap nikmatnya menyantap seporsi masakan yang begitu legendaries ini.

Oh iya, di tempat ini pun pengunjung dapat memilih sendiri daging dan jeroan yang dikehendaki. Jadi, jika Anda punya sedikit masalah dengan kolesterol, Anda masih tetap bisa menikmati masakan ini dengan meminta kepada empunya warung untuk tidak ditambahi jeroan dan hanya minta kuah dan daging sapinya saja. Dan jangan lupa juga, tambahkan bubuk cabai kering yang tersedia di atas meja ke dalam empal gentong Anda itu untuk lebih memperkuat rasanya. Pokoknya kalau mengikuti kata-katanya anak muda jaman sekarang, dijamin rasanya mantabh surantabh banged!!
Share this article :

3 comments:

Anonymous said...

sedikit kurang lengkap...
kenapa belum di tampilkan tempat belanja oleh-oleh makanan khas kota cirebon, apa dan dimana adanya.

myindonesian info said...

wah untuk rasanya memang sangat menggoyang lidah, empal gentong mang darma memang selalu ramai karena rasanya tidak pernah berubah

Arie.Ms said...

Tetap saja . . . .empal gentong racikan MANG KAMAD LebiH Nikmat rasa dan aroma nikmat yg lebiH nendang di lidah. Karena selaen dagIng sapi, seDia juga dagIng kambing bagI Para penikmat empal dagIng kambiNG.
Maaanttaab. . . .coba deh tempat nya di jLn stasiun dEPAn TIKI Stasiun cirebon.

 
Support : Budaya Nusantara | Kotak Bumbu | Kunci Finansial
Copyright © 2013. Portal Cirebon - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger